Senin, 23 November 2009

Ciptakan Bandung Bersih


Bandung bersih… ayo…!!!

Bandung adalah kota yang banyak memiliki tempat wisata di Indonesia. Seperti yang sering kita lihat banyak wisatawan luar kota bahkan sampai wisatawan luar negri pun lalu lalang di kota yang berjuluk “kota Kembang” ini. Akan tetapi ada suatu masalah yang saya dan mungkin orang lain sering temui di Bandung yaitu masalah sampah. Mungkin sekilas itu merupakan hal yang tak asing lagi bagi telinga kita. Karena hal tersebut mungkin telah menjamur di kota – kota besar di Indonesia ini.

Ya., ternyata di kota Bandung yang kita cintai ini masih sering terlihat sampah – sampah yang di buang sembarangan. Ternyata selama ini kita terlalu terpesona oleh gemerlapnya kehidupan di kota yang berjuluk Paris Van Java ini dan menghiraukan aspek yang satu ini

.

Kita banyak melihat banyak pejalan kaki yang dengan seenaknya membuang sampah tidak pada tempatnya atau pun pada parit atau sungai kecil yang ada di kota Bandung ini. Tak heran jika banyak tercecer ssampah – sampah di jalan – jalan yang akhirnya bisa menyebabkan banjir. jika hal ini terus berlanjut bagaimana nanti. Pasti akan semakin parah, bisa – bisa kota bandung tidak dapat bersaing lagi untuk Mendapatkan penghargaan Adipura dari pemerintah.

Memang di butuhkan kesadaran dari tiap individunya semenjak dini untuk membiasakan hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena jika masyarakat terbiasa hidup bersih bukan tidak mungkin bandung akan menjadi Asri secara nyata. Bebas dari polusi udara dan tentunya banjir akibat sampah yang berceceran.

Hal ini perlu ditunjang dengan adanya perhatian pemerintah kota Bandung untuk member perhatian lebih di bidang kebersihan. Seperti menambah fasilitas tempat sampah di sudut – sudut kota yang notebenenya ramai masyarakat yang lalu lalang. Seperti yang kita lihat di pusat keramaian fasilitas tempat sampah itu sendiri sangat sedikit dibandingkan dengan kebutuhan buang sampahnya itu sendiri. Hal ini dapat mengakibatkan pejalan kaki yang melintas merasa jauh atau tempat sampah itu sendiri penuh untuk di isi sampah. Memberikan sanksi pada orang yang melanggar membuang sampah sembarangan, hal ini bisa memberikan efek jera pada pelaku agar tidak dapat mengulangi perbuatannya lagi. Mengadakan penyuluhan dan mengadakan lomba RW bersih Bandung, agar warga Bandung termotivasi untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih.

Sudah saatnya kita wujudkan Bandung bersih dimulai dari sekarang. Jangan tunggu nanti, karena lebih cepat lebih baik. Agar kehidupan kita dikota yang eksotis ini terasa nyaman dan menyenangkan.

Ayo… Bersihkan Bandung…!!!




Tidak ada komentar: